Jangan Lewatkan

Tips Meredakan Pelanggan yang Marah

Tidak ada yang sempurna dalam hidup ini, begitupun ketika anda berurusan dengan pelangganSurvey Mengukur Tingkat Kepuasan Pelanggan. Read more ... ». Sebagus apapun pelayanan yang anda berikan pasti suatu saat anda akan menemui kesalahan yang mungkin tidak disengaja namun efeknya membuat pelanggan marah. Apalagi, jika kesalahan tersebut adalah kesalahan yang berulang kembali. Hal pertama yang anda lakukan saat melakukan kesalahan tentu saja meminta maaf, namun jika tindakan anda hanya meminta maaf saja maka pelanggan akan meninggalkan anda karena ketidakpuasannya terhadap cara anda bertanggung jawab.

Lantas, bagaimana caranya mengatasi pelanggan yang sedang marah?

1. Dengarkan apa yang pelanggan katakan.

Ini menunjukkan bahwa Anda benar-benar tertarik pada masalah dan memberikan dia kesempatan untuk mengungkapkan perasaannya. Jangan menyela ketika ia berbicara dan tidak mengambil kemarahannya sebagai serangan pribadi. Jika berurusan dengan pelanggan secara tatap muka, lakukan kontak mata dan mencatatlah untuk menunjukkan bahwa Anda menangani keluhannya dengan serius.

2. Mengungkapkan empati.

Sangat penting untuk menjadi tulus karena jika tidak, pelanggan mungkin akan menangkap hal itu dan merasa Anda sedang menggurui atau meremehkan. Katakan padanya bahwa Anda mengerti mengapa dia marah. Bayangkan bagaimana perasaan Anda jika Anda ditempatkan dalam situasi yang sama.

3. Fakta-fakta.

Dengan tenang Anda menjelaskan membutuhkan informasi sebanyak mungkin untuk memecahkan masalah.

4. Janji untuk melakukan yang terbaik untuk menyelesaikan masalah.

Jika, misalnya, seseorang menerima produk yang rusak, aturlah agar diganti secepat mungkin. Tawarkan untuk mengkompensasi pelanggan dengan hadiah atau pengantaran gratis.

5. Menginformasikan pelanggan tentang langkah-langkah tambahan yang Anda ambil untuk memperbaiki masalah itu.

Jika perlu berkonsultasi dengan supervisor atau mencari informasi tambahan dan berjanji untuk menelepon kembali pada waktu yang telah ditentukan.



Banyak Berbagi Banyak Rejeki

Tentang Rizal Arisona

Comments

Tips lainnyaclose