Jangan Lewatkan

Tips Menghadapi Karyawan yang Terlalu Produktif

Seperti yang diketahui, manusia terlahir dari berbagai macam jenis karateristik yang berbada. Begitu juga dalam pekerjaan. Beberapa karyawanJangan Pernah Mempekerjakan Orang-orang Ini. Read more ... » mempunyai sikap yang berbeda, ada yang menguntungkan dan ada pula yang merugikan perusahaan. Setiap pemimpin perusahaan tentu menginginkan setiap karyawannya bekerja dengan produktivitas yang tinggi, sehingga target perusahaan bisa tercapai dan menambah keuntungan. Namun bagaimana jika ada karyawan yang mempunyai masalah produktivitas, tapi kali ini bukan rendah, tapi produktivitas yang berlebihan.

Biasanya karyawan dengan porudktivitas yang berlebihan tidak ingin mendengar nasehat orang lain, ia akan mengerjakan semuanya karena merasa ia tahu benar apa yang sedang dikerjakan dan tentu saja ia juga menganggap bahwa pekerjaan ini hanya ia yang bisa lakukan. Ada baik dan buruk memiliki karyawan seperti ini, sebagai seorang pemimpin anda harus bijak dalam mengatur karyawan tersebut.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa anda terapkan untuk mengatasi karyawan yang terlalu produktif.

1. Biarkan dia merasa puas
Saat dia sedang bekerja, biarkan dia melakukan apapun yang membuat dirinya merasa puas. Jika ingin bicara soal pekerjaan dengannya, jangan pernah hanya menduga perasaannya. Pastikan dirinya sedang dalam keadaan tenang.

2. Simak baik-baik perkataannya
Berdiskusi soal pekerjaan dengannya, Anda harus berperan aktif sebagai pendengar. Coba pahami apa yang sedang dikatakannya. Jika ada yang tidak sesuai dengan pendapat Anda, tahan dulu interupsi Anda sampai dia berhenti bicara. Berusahalah untuk tetap objektif dan jika dia bersikap kasar, coba untuk tidak memasukannya ke dalam hati.

3. Kendalikan emosi Anda
Menanggapi karyawan seperti itu dengan emosi hanya akan menambah minyak ke dalam api. Sebaiknya hindari adu argumen dengannya karena dia akan melakukan tindakan apapun untuk membuktikan perkataannya benar.

4. Jangan biarkan Anda diintimidasi
Jangan pernah biarkan karyawan dengan karakter tersebut mengintimidasi Anda. Jika Anda sekali saja membuat dia bersikap sesukanya pada Anda, maka pegawai seperti dia akan terus mengintimidasi Anda.

5. Bicara seperlunya
Mendiskusikan pekerjaan dengannya, sebaiknya tak usah banyak bicara. Anda hanya perlu mengklarifikasi inti pembicaraan saja. Setelah itu biarkan dia mengetahui bahwa Anda memahami apa yang sedang dibicarakan.

6. Jangan permalukan dia di depan umum
Hati-hati saat bercanda dengan karyawan dengan karakter tersebut. Dia akan bereaksi sangat agresif saat perkataan Anda tak mengena di hatinya. Hal ini dapat membuatnya sangat marah dan merusak suasana kerja Anda.

7. Berikan solusi yang saling menguntungkan
Karyawan dengan karakter seperti itu senang dihargai dan dihormati. Bahkan di saat melakukan kesalahan, dirinya tetap ingin dihargai dan dibela. Dengan begitu sebaiknya Anda tetap bersikap profesional dan memberikan solusi kerja yang saling menguntungkan baik untuk pendapat Anda maupun dirinya.



Banyak Berbagi Banyak Rejeki

Tentang Rizal Arisona

Comments

Tips lainnyaclose