Jangan Lewatkan

Tips Mengelola Gaji

Siapapun pasti menunggu saat-saat gajian. Namun seperti pepatah mengatakan “gampang masuk, gampang keluar”, gaji pun bisa langsung habis seketika jika anda tidak pandai dalam mengelolanya.

Berapapun banyaknya gaji akan setimpal dengan pengeluaran yang butuhkan, semakin besar pemasukan maka semakin besar juga pengeluaran anda, hal itu wajar dan terjadi kepada setiap orang. Maka dari itu, anda harus mulai cerdik memilah pioritas pengeluaran setiap bulan, agar gaji yang ada terima tidak habis dan dapat ditabung untuk keperluan di masa depan.

Jika anda kesulitan dalam mengelola gaji, maka ada beberapa tips yang patut anda simak dan jadi pembelajaran

1. Sisihkan untuk tabungan
Jadikan menabung menjadi prioritas utama Anda setiap bulan. Besarnya persentase menabung setiap orang tentu berbeda-beda tergantung usia, status pernikahan hingga tanggungan anak. Idealnya 15% dari gaji setiap bulan, mengingat dalam satu dekade terakhir terjadi kenaikan harga barang yang cukup drastis di Indonesia.

2. Pilih kebutuhan daripada keinginan
Butuh atau ingin? Pernyataan ini sering kali terlupakan ketika hendak membeli suatu barang. Tak jarang hobi shopping yang Anda lakukan hanya memenuhi lemari. Supaya tak menyesal, ketika ingin membeli suatu barang saya sarankan untuk meminta pendapat dari orang terdekat Anda terlebih dahulu atau menunda membelinya dalam beberapa hari ke depan. Cara ini akan ampuh dalam membantu Anda terhindar dari kebiasaan boros.

3. Buatlah anggaran belanja
Ingat selalu untuk tidak malas menyusun anggaran belanja setiap bulan. Hal ini akan menyadari kebiasaan konsumtif yang biasa Anda lakukan. Karena itu, catat semua pengeluaran rutin, yang mencakup anggaran primer (kebutuhan bulanan rumah tangga, tagihan air, listrik, uang transportasi dan sebagainya) dan anggaran tersier (shopping dan gaya hidup).

Anggaran belanja akan mengajarkan Anda bagaimana mengendalikan uang, bukan uang yang mengendalikan Anda.

4. Bunuh kebiasaan gengsi
Penampilan memang menjadi hal penting untuk diperhatikan. Namun, pola pikir ini kadang memengaruhi Anda untuk membeli barang bermerek dan mahal demi menunjang penampilan. Jika gaji terbatas, sebaiknya jangan segan melepas gengsi dan membiasakan hidup sederhana.



Banyak Berbagi Banyak Rejeki

Tentang Rizal Arisona

Comments

Tips lainnyaclose