Jangan Lewatkan

Tips Mencari Tambahan Modal Bisnis

Modal adalah salah satu aspek penting dalam sebuah usaha. Sebenarnya banyak contoh bisnisSaat Pekerjaan Menjadi Permainan, Disitulah Perusahaan Menang. Read more ... » yang dapat berjalan tanpa modal yang besar, namun tetap saja, untuk mengembangkan sebuah bisnis menjadi lebih besar, diperlukan pengeluaran yang tidak sedikit.

Mencari modal adalah perkara gampang-gampang susah. Gampang karena banyak cara yang dapat anda pilih, susah karena anda harus mencari pilihan yang paling tepat agar modal yang ada bisa digunakan secara tepat sasaran. Berikut adalah beberapa tips mendapatkan tambahan modal untuk usaha anda.

1. Tabungan
Perencana keuanganLakukan 6 Hal Ini Untuk Menghindari Kesalahan Keuangan. Read more ... » selalu menyarankan agar Anda menyisihkan penghasilan di awal bukan menyisakan di akhir. Sehingga Anda bisa punya tabungan untuk dana darurat atau bahkan buat modal bisnis. Beruntunglah Anda yang sudah biasa menabung sejak kuliah atau sejak awal bekerja. Sehingga jumlah uang yang ada dalam rekening Anda cukup untuk memulai usaha2 Hal yang Sering Dilupakan Oleh Sales. Read more ... ».

2. Hasil penjualan aset
Jika jumlah tabungan tidak cukup untuk memulai usaha dan Anda tidak suka berutang, maka dapatkan dana dari penjualan aset. Harta kekayaan yang dimaksud tersebut adalah yang memiliki nilai investasi tinggi seperti tanah, rumah, mobil, motor, atau perhiasan. Jual salah satu aset yang bernilai tinggi, bukan beberapa aset yang bernilai rendah. Anggaplah aset yang telah terjual sebagai salah satu harta kekayaan yang digunakan untuk berinvestasi. Bedanya, investasi kali ini adalah untuk usaha sendiri.

3. Kerja sama
Apabila modal tak cukup dari simpanan dan aset pribadi, cobalah cari dana dari pihak ketiga. Caranya bisa dengan mengajak saudara, teman, atau rekan lainnya untuk ikut berusaha dengan Anda. Pilih partner yang punya ketertarikan di bidang usaha yang sama. Sehingga bisa berbagi modal dan beban saat menjalankan operasionalBagaimana Cara Agar Tidak Membuang Waktu Saat Rapat ?. Read more ... » bisnis sehari-hari. Mitra yang Anda ajak kerja sama tak harus selalu orang yang mau terjun langsung menangani bisnis. Bisa saja rekan Anda hanya mau menaruh modal saja.

Jangan lupa dalam setiap kerja sama yang Anda lakukan harus berdasarkan perjanjian yang disepakati saat awal memulai bisnisTidak Perlu Hal Ini Untuk Memulai Bisnis. Read more ... ». Kesepakatan tersebut berisi besaran bagi hasil dan hal-hal lain untuk mengantisipasi kondisi yang buruk yang mungkin terjadi di kemudian hari.

4. Pinjaman dari bank
Biasanya jarang ada bank yang mau memberi pinjaman untuk usaha yang terbilang baru atau malah masih dalam tahap coba-coba. Tapi, tak ada salahnya jika Anda mau menjajal pilihan ini. Anda bisa mengajukan proposal yang berisi profil usaha dan bisa juga dilengkapi dengan feasibility study, jika diminta. Setelah persyaratan lengkap, bank akan melihat apakah bisnis Anda bankable atau tidak.

Kalau gagal mendapat pinjaman atas nama usaha, maka Anda bisa mengajukan pinjaman atas nama pribadi. Namun, biaya bunga yang dikenakan sangat tinggi.

Anda juga bisa mengajukan bantuan modal dari bank melalui program Kredit Tanpa Agunan (KTA). Proses pengajuan KTA terbilang mudah dan cepat. Asal Anda memenuhi semua persyaratan dan tidak pernah punya masalah membayar tagihan lain, uang akan cair dalam 14 hari kerja. Besarnya pinjaman melalui program KTA bisa mencapai Rp. 200 juta.

5. Koperasi simpan pinjam
Apakah Anda anggota koperasi simpan pinjam yang telah membayar simpanan wajib selama bertahun-tahun? Bila ya, maka Anda bisa mengajukan pinjaman untuk modal usaha. Sebagai pemohon, Anda harus mengajukan proposal usaha secara lengkap dengan perkiraan laba dan keuangan secara menyeluruh. Koperasi akan mempertimbangkan apakah Anda akan memperoleh dana tunai dengan cepat atau hanya memenuhi sebagian permintaan modal. Keputusan tersebut berdasarkan penilaian koperasi terhadap kemampuan Anda dalam mengembalikan uang yang dipinjam.

6. Dana hibah
Saat ini, banyak perusahaan dan lembaga sosial lain yang membuat kegiatan pelatihan atau lomba dengan imbalan modal usaha. Sebab perusahaan harus menyalurkan dana Corporate Social Responsibility. Sementara lembaga sosial punya tanggung jawab menyampaikan dana untuk pembangunan ekonomi kepada masyarakat.

Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini agar bisa mendapatkan modal. Buatlah proposal mengenai ide bisnis2 Hal yang Sering Dilupakan Oleh Sales. Read more ... » Anda dengan sebaik-baiknya. Sehingga penyelenggara yakin dan mau memberikan dana. Beberapa institusi memberikan modal berupa pinjaman yang harus dikembalikan. Tapi, bila Anda beruntung, ada juga dana yang diberikan dalam bentuk hibah.

7. Tambahan modal
Salah satu trik untuk mendapat tambahan modal adalah menggunakan dana dari konsumen. Caranya dengan menetapkan pembayaran di muka sebelum Anda memenuhi kewajiban memberikan barang atau jasa yang Anda tawarkan.

Misalnya, jika Anda membuka bisnis katering, tetapkan pembayaran down payment sebesar 50 persen pada saat pemesanan. Kemudian pada H-7, konsumen diminta menambah 30 persen lagi dari keseluruhan harga yang ditetapkan. Sisa 20 persen lagi diberikan pada saat makanan sudah sampai ke tangan pelangganSurvey Mengukur Tingkat Kepuasan Pelanggan. Read more ... ».



Banyak Berbagi Banyak Rejeki

Tentang Rizal Arisona

Comments

Tips lainnyaclose