Jangan Lewatkan

Tips Memulai Bisnis Kuliner

Bisnis kulinerBagaimana mengatur jadwal libur karyawan tanpa mengurangi omset ?. Read more ... » adalah salah satu bisnisSaat Pekerjaan Menjadi Permainan, Disitulah Perusahaan Menang. Read more ... » dengan pasar terbanyak. Setiap orang pasti butuh makan dan beberapa orang cenderung ingin makan di luar rumah dengan alasan malas masak ataupun mencari suasana makan yang lain. Saat ini restoran semakin banyak menjamur, namun pembeli akan datang memenuhi setiap restoran baik hari biasa ataupun weekend. Tentu, zaman sekarang, restoran atau tempat makan bukan hanya tempat untuk makan saja, tapi juga berfungsi sebagai tempat nongkrong ataupun menghabiskan waktu dengan teman/keluarga.

Bagi anda yang tertarik membuat usaha dibidang kuliner, anda harus mengikuti beberapa tips berikut agar usaha yang anda jalankan benar-benar menulai hasil. Karena tidak jarang, banyak juga restoran yang tidak bertahan lama karena banyak faktor, misalnya pemilihan tempat yang cenderung sepi atau susah diakses, sampai pada menu makan dan harga yang tidak sebanding.

1. Permodalan
Buat sebuah daftar mengenai makanan yang kamu hasilkan dari yang paling terjangkau hingga mahal. Coret bahan yang terasa terlalu mahal dan ambil tiga makanan yang paling murah. Kamu bisa mulai berfokus pada tiga produk tadi.

2. Keahlian
Keahlian yang kamu miliki dalam membuat makanan akan sangat membantu. Jika kamu mahir membuat makanan yang terbuat dari singkong, maka asah terus kemampuan kamu agar bisa selalu mengikuti kemauan pasar. Intinya, fokuslah pada makanan tertentu yang memang benar-benar kamu kuasai.

3. Waktu
Kamu harus memperhitungkan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mempersiapkan bahan dan semuanya. Dari mulai belanja bahan baku, proses pembuatan dan juga waktu mengantar. Dengan begini kamu tidak akan meleset dari waktu yang sudah dijanjikan. Dengan mengelola waktu dengan tepat, anggaran pun niscaya bisa diatur dengan tepat pula.

4. Contoh
Para pelangganSurvey Mengukur Tingkat Kepuasan Pelanggan. Read more ... » tidak akan langsung tergiur begitu melihat barang yang kamu tawarkan. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah memberikan tester atau sampel pada pelanggan agar mereka dapat merasakan dan menilai makanan buatan kamu. Buatlah acara promosi selama beberapa hari setelah buka agar orang-orang lebih tertarik untuk mencoba.

5. Kualitas
Jangan lupa memperhatikan kualitas makanan yang kamu jual. Saat membagikan sampel, coba tanya pada mereka apakah rasa makanan ini sudah layak atau masih ada yang perlu diperbaiki lagi. Dengan begini kamu dapat selalu meningkatkan kualitas. Buatlah bisnis yang berjalan dua arah. Masukan dari konsumen akan sangat berarti bagi kelangsungan usaha.

6. Kerjasama
Menjalin kerjasama dengan pihak lain agar produk dapat dipasarkan bisa menjadi strategi yang jitu. Kamu bisa menitipkan makanan ke warung terdekat atau ke kantin-kantin sekolah dan kantor untuk permulaan. Apabila sudah memiliki pelanggan tetap, maka saatnya meluaskan bisnis dengan meluaskan usaha seperti membuka gerai cabang.

Membuat sebuah bisnis makanan memang gampang-gampang susah. Memiliki keahlian membuat makanan tidak serta merta membuat seseorang menjadi seorang pengusaha makanan. Perhatikan faktor dan cara di atas agar impian menjadi pengusaha kuliner dapat terwujud.



Banyak Berbagi Banyak Rejeki

Tentang Rizal Arisona

Comments

Tips lainnyaclose