Jangan Lewatkan

Survey Mengukur Tingkat Kepuasan Pelanggan

survey-mengukur-tingkat-kepuasan-pelanggan-photo

Kepuasan pelanggan tentunya menjadi aset berharga bagi perusahaan, jika mereka puas dengan produk dan pelayanan maka andapun juga akan merasa sangat bangga. Itu juga akan meningkatkan penjualan dan reputasi yang baik dimata pelanggan. Namun, dari mana anda dapat mengukur kepuasan dan kebahagiaan mereka ? Mungkin yang sering dilakukan oleh pengusaha adalah dengan meminta testimoni dari mereka. Itu memang salah satu cara untuk mengukur kebahagiaan dan kepuasan mereka namun itu juga bukan satu – satunya. Ada satu hal yang sering dilupakan juga yaitu dengarkan. Dengarkan apa isi hati mereka sebenarnya tentang produk atau layanan anda.

Beberapa pertanyaan dibawah ini bisa diajukan untuk mengukur kepuasan pelanggan dan juga untuk mendengarkan apa isi hati mereka sebenarnya.

   1. Bagaimana Anda Mendeskripsikan Produk Kami Kepada Teman Anda ?

Tanyakan bagaimana mereka mendeskripsikan produk anda kepada temannya dalam tiga kata yang paling menonjol. Hal ini sangat efektif karena dengan begitu anda bisa melihat dari kacamata orang lain. Anda punya kata sendiri untuk mendeskripsikan produk anda tapi pelanggan anda juga punya kata sendiri.

    2. Apa Hal Paling Menjengkelkan Tentang Kami ?

Bukan hanya hal positif yang ingin didengar dari pelanggan anda tapi hal negatif juga harus anda dengarkan. Apa yang tidak mereka sukai dari produk atau perusahaan anda ? Mungkin pelayanannya atau karyawannya atau mungkin bagian dari produknya sendiri ? Anda tidak akan pernah tahu sampai pelanggan yang menjelaskannya. Ini baik untuk introspeksi diri.

   3. Bersediakah anda memberi testimoni ?

Seperti yang saya jelaskan diatas, testimoni adalah salah satu hal yang bisa digunakan untuk mengukur kepuasan dan kebahagiaan pelanggan. Mintalah testimoni dari mereka, apa yang mereka rasakan selama menggunakan produk atau layanan anda.

   4. Jika Suatu Hari Kami Membutuhkan Bantuan, Maukah Anda Membantu ?

Hal ini juga berarti bahwa anda ingin menjalin hubungan baik dengan pelanggan untuk waktu yang sangat lama atau mungkin untuk selamanya. Sama halnya ketika anda menginginkan sebuah persahabatan sejati dengan teman anda. Jadi, mereka akan dengan terbuka menyambut anda ketika anda membutuhkan bantuan mereka. Mungkin suatu saat nanti anda membutuhkan bantuan untuk masukan – masukan tentang produk baru anda atau bantuan yang lainnya.

   5. Bisakah Anda Merekomendasikan Beberapa Ide Baru ?

Dengan begini anda tidak hanya menganggap mereka menjadi pelanggan tapi juga membuat mereka merasa bagian dari tim. Ini juga membantu anda untuk melihat dari kaca mata orang lain lagi. Mungkin ada hal baru dari industri anda yang dilewatkan. Dari sini juga anda bisa mengetahui apa yang sebenarnya diinginkan pelanggan. Tentunya dengan tetap memperhatikan kemampuan tim dan kelengkapan fasilitas usaha anda.

   6.  Apa yang Anda Sukai Dari Kompetitor Kami ?

Ketika pelanggan anda ada yang sempat beralih ke kompetitor anda, tanyakan apa yang sebenarnya membuat mereka melakukan hal itu. Pasti ada hal dari kompetitor yang lebih menonjol sehinggan mereka merasa labih baik menggunakan produk lain. Ini juga membantu anda untuk lebih memperbaiki kualitas produk dan layanan.

   7.  Apa yang Akan Anda Ingat Dari Pengalaman Menggunakan Produk Kami ?

Ini juga untuk mengetahui apakah ada hal yang sangat melekat di hati mereka tentang produk atau perusahaan anda sehinggan mereka akan mengingatnya sampai kapanpun. Apakah itu hal positif atau negatif anda harus dengan lapang dada mendengarnya. Karena itulah hal nyata yang bisa anda gunakan untuk mengukur kepuasan dan kebahagiaan pelanggan.

    8. Akankah Anda Merekomendasikan Kami Kepada Teman atau Keluarga Anda ?

Sekali lagi anda harus berlapang dada jika mereka mengatakan “tidak” dan itu berarti ada hal yang harus diperbaiki dari produk atau layanan.

   9. Bersediakah Anda Bergabung dengan Program Kami ?

Salah satu cara untuk menghargai pelanggan anda yang setia adalah dengan memberi mereka diskon atau memberi bonus. Buatlah satu program khusus untuk member bonus – bonus untuk pelanggan setia anda. Intinya adalah berikan nilai tambah kepada pelanggan anda.

Itulah 9 pertanyaan yang bisa digunakan untuk mengukur kepuasan atau kebahagiaan pelanggan. Jika anda mungkin punya ide lain silakan bisa isi di kolom komentar dibawah ini.

Incoming search terms:



Banyak Berbagi Banyak Rejeki

Tentang Rizal Arisona

Comments

Tips lainnyaclose