Jangan Lewatkan

Saat Pekerjaan Menjadi Permainan, Disitulah Perusahaan Menang

saat-pekerjaan-menjadi-permainan-disitulah-perusahaan-menang-photo

Permainan yang dimaksud disini bukan berarti kerja main – main atau tidak serius. Akan tetapi lebih kepada keyakinan bahwa ketika kita menganggap pekerjaan itu sebuah permainan maka akan lebih menyenangkan dan seperti sebuah permainan pada nyatanya, ketika memenangkannya maka kita akan mendapatkan penghargaan atas kemenangan itu.

 

Ada perusahaan yang menerapkan hal ini untuk memotivasi karyawannya dan itu berhasil. Pekerjaan jadi lebih menyenangkan dan mereka akan lebih tertantang untuk meningkatkan performa kerja mereka. Memang tidak semua orang menyukai hal ini, ada karakter orang yang mungkin lebih menyukai suasana yang datar – datar saja daripada harus bersaing dengan karyawanJangan Pernah Mempekerjakan Orang-orang Ini. Read more ... » lain. Tapi jangan salah, mereka biasanya punya cara tersendiri untuk memotivasi dirinya untuk lebih baik lagi dalam bekerja.

 

Selain untuk memotivasi karyawan, teknik permainan juga bisa diterapkan pada pelangganSurvey Mengukur Tingkat Kepuasan Pelanggan. Read more ... ». Kita ambil contoh aplikasi android Foursquare, dia menerapkan teknik permainan ini pada pelanggannya. Jika anda salah satu pengguna foursquare dan pernah mendapatkan gelar “mayor” maka itu berarti anda sudah pernah merasakan teknik permainan pada hal yang tidak berbau permainan. Tapi, bukankah itu menyenangkan ? Anda akan terlihat keren saat anda mendapatkan gelar “mayor” karena itu berarti andalah yang paling sering mengunjungi tempat itu misalnya Starbucks dibandingkan orang lain atau teman – teman anda.

Tujuan Utama adalah Loyalitas

Memiliki karyawan dan pelanggan yang loyal tentunya menjadi harapan semua perusahaan. Dengan teknik permainan ini anda bisa meningkatkan tingkat loyalitas karyawan dan pelanggan anda. Bayangkan jika anda menjanjikan dan memberikan penghargaan kepada karyawan anda yang bisa mencapai target, maka karyawan lain pasti akan menginginkan hal yang sama dan mereka akan berlomba – lomba untuk bisa lebih baik dan lebih meningkatkan performa kerjanya. Terapkan secara terus menerus, jangan hanya sekali dua kali. Tapi jangan lupa sesuaikan juga penghargaan itu dengan beban pekerjaan mereka. Mereka ada dibidang apa, anda harus sesuaikan.

 

Sama halnya dengan pelanggan Foursquare tadi, mereka akan selalu mendapatkan gelar “mayor” jika semakin sering berkunjung ke suatu tempat. Orang paling suka kalau dibilang keren, kece, gaul dan pujian – pujian lainnya. Maka dari itu dulu waktu Foursquare masih berjaya semua berlomba – lomba untuk mendapatkan gelar “mayor”. Anda bisa terapkan hal yang sama kepada pelanggan anda tentunya dengan menyesuaikan bidang usaha anda. Misalnya anda punya toko mainan dan ada beberapa pelanggan yang sangat sering belanja di toko anda, maka berilah dia bonus atau diskon sebagai bentuk terima kasih atau penghargaan kepada mereka.

 

Kunci sukses penerapan teknik permainan ini pada dasarnya berawal dari karyawan anda terlebih dahulu. Jika mereka sudah benar – benar termotivasi dan mempunyai tujuan atau target yang jelas maka kesuksesan dalam menjaring lebih banyak pelanggan dan meningkatkan omset akan terwujud.

 

Jadi, jika anda adalah seorang pengusaha dan ingin menerapkan teknik ini pastikan anda sukses menerapkannya pada karyawan anda. Ciptakan lingkungan kerja yang menyenangkan untuk mereka.



Banyak Berbagi Banyak Rejeki

Tentang Rizal Arisona

Comments

Tips lainnyaclose