Jangan Lewatkan

Pentingnya Tagline atau Slogan dalam Bisnis

Tagline atau slogan pada sebuah merek dagang sebenarnya sangat penting manfaatnya, bukan hanya untuk mempercantik tampilan, tapi tagline berfungsi sebagai penarik perhatian konsumen. Tagline terkenal seperti “Just do It” Nike dan “Connecting People” Nokia, memberikan dampak positif bagi Nike dan Nokia. Orang akan terus mengingat kedua merek ini karena mereka tertarik dengan tagline yang dibuat oleh kedua merek dagang tersebut.

Tagline juga menjadi simbol dari merek dagang tersebut atau bisa juga mewakili sikap atau tujuan. Misalnya Nike yang menggunakan Just do It, dalam hal ini Nike menginginkan orang untuk melakukan apa yang dirasa harus dilakukan atau intinya Nike mengajak orang untuk menikmati hidup. Sedangkan Nokia yang merupakan merek handphone menggunakan tagline “connecting people” sebagai sebuah pesan bahwa Nokia menghubungkan orang di seluruh dunia dengan cara yang lebih mudah.

Berikut ini, beberapa tips membuat tagline yang efektif:

1. Buatlah terdengar menarik dan berirama

Agar sebuah slogan dapat diterima dengan baik oleh pelangganSurvey Mengukur Tingkat Kepuasan Pelanggan. Read more ... », buatlah sedemikian rupa sehingga slogan tersebut terdengar menarik. Misalnya dengan membuat slogan yang mempunyai bunyi yang sama agar terdengar unik.

Tujuannya adalah agar slogan tersebut menjadi lebih mudah untuk dikenal dan gampang untuk diingat kembali. Bahkan sebuah studi menyatakan bahwa slogan yang dijadikan lagu jingle lebih gampang untuk diingat dibandingkan dengan yang hanya sekadar diucapkan.

Contoh slogan yang mempunyai irama yang gampang diingat misalnya seperti Motorola, “Hello Moto”, dan Thomas Cook, “Don’t just book it, Thomas Cook it.”

2. Tekankan keunggulan kunci

Jika produk anda mempunyai keunggulan atau keunikan yang tidak dimiliki oleh produk pesaing, tekankan keunggulan tersebut dalam slogan produk untuk menjadikan alasan mengapa pelanggan harus membeli produk anda ketimbang pesaing.

Slogan produk anda harus mampu membuat calon pelanggan terkesan agar ia sadar bahwa produk yang anda jual memang benar-benar mampu menyelesaikan masalah yang ia hadapi dibandingkan dengan produk lainnya yang sejenis.

Kesimpulannya, slogan tersebut harus mampu menjual keunggulan yang dimilikinya dengan cara yang kreatif dan unik. Contoh dari slogan jenis ini adalah seperti slogan Mercedes Benz, “Engineered like no other car in the world”, dan juga Miller Lite, “Great taste, less filling.”

3. Menekankan komitmen perusahaan

Biasanya tipe slogan seperti ini bertujuan untuk mengedepankan komitmen perusahaan kepada para pelanggannya, seperti dalam hal layanan pelanggan, pemberian garansi dan sebagainya.

Walaupun banyak terdapat perusahaan lain yang menawarkan produk sejenis, tetapi jangan biarkan ia mempengaruhi kualitas bisnisSaat Pekerjaan Menjadi Permainan, Disitulah Perusahaan Menang. Read more ... » anda. Berikan keunggulan lain yang mungkin tidak diberikan perusahaan tersebut, seperti layanan pelanggan yang intensif untuk membangun kepercayaan pelanggan. Contohnya adalah seperti slogan yang dimiliki oleh Avis, “We’re number two, so we try harder.”

4. Slogan harus merefleksikan kepribadian produk secara jujur

Sebuah slogan merefleksikan kepribadian dari produk yang diwakilinya. Apakah kualitas dari produk tersebut, sifat-sifat dari produk, atribut fisik dari produk, serta hal-hal lain yang mencerminkan pribadi produk tersebut.

Terkadang dalam membuat slogan, kata-kata yang digunakan sering sekali terkesan berlebihan dalam memposisikan pribadi produk tersebut. Kita sering menjumpai slogan yang berlebihan dan bahkan terkadang menjadi slogan yang generik, seperti misalnya “Kami adalah yang terbaik”, “Yang lain hanya mengekor”, atau “Kami adalah No. 1” dan lain sebagainya.

Mungkin memang benar produk anda memiliki kualitas seperti yang disebut diatas. Daripada membuat slogan yang terkesan berlebihan, cobalah untuk membuatnya serealistis mungkin namun tetap menekankan keunggulan yang dimiliki produk anda itu. Contoh slogan yang baik dan tidak berlebihan namun tetap menekankan keunggulan produknya adalah seperti Visa, “It’s everywhere you want to be”, dan American Express, “Don’t leave home without it.”

5. Buat sesingkat dan sesederhana mungkin

Slogan yang menarik adalah slogan yang mempunyai kalimat yang pendek serta mudah untuk dimengerti. Sebaliknya slogan dengan kalimat yang panjang jika tidak dirancang dengan benar justru malah akan membingungkan pelanggan.

Contoh slogan yang mempunyai slogan yang pendek namun unik serta efektif adalah seperti Apple, “Think different”, dan juga Sony, “It’s a Sony”.

Artikel diadaptasi dari http://libertyconsultantpemalang.com

Incoming search terms:



Banyak Berbagi Banyak Rejeki

Tentang Rizal Arisona

Comments

Tips lainnyaclose