Jangan Lewatkan

Pentingnya Manajemen Waktu untuk Sales

pentingnya-manajemen-waktu-untuk-sales-photo

Penting bagi seorang salesTantang Diri Anda Untuk Melakukan Hal Ini Setiap Hari. Read more ... » untuk tahu waktu yang tepat untuk prospek atau follow up (mengubungi ulang) pelanggannya. Apalagi jika kita tinggal di Indonesia, yang mana zona waktu dibagi menjadi 3 yaitu WIB, WIT dan WITA. Jika pelangganSurvey Mengukur Tingkat Kepuasan Pelanggan. Read more ... » anda ada di seluruh Indonesia maka harus bisa mencari waktu yang tepat untuk menghubungi pelanggan. Karena dengan waktu yang tepat kemungkinan pelanggan akan memberi respon baik semakin besar. Apakah itu hanya menyapa, prospek atau follow up anda harus bisa mencari waktu yang tepat. Tidak hanya untuk berkomunikasi lewat telepon tapi untuk bertemu langsung anda juga harus mencari yang tepat. Untuk anda yang berprofesi sebagai telemarketing, mungkin cara ini bisa anda terapkan tiap hari. Bagi anda yang berprofesi sebagai sales biasa atau bukan telemarketing, mungkin cara ini bisa anda gunakan seminggu tiga kali atau jika anda mau menerapkan tiap hari juga bagus. Berikut manajemen waktu untuk sales :

   1. Prospek Pelanggan : 07:30 – 08:00

Tentunya ini menyesuaikan dengan jam masuk kerja anda tapi jika mau datang lebih awal dan meluangkan waktu untuk menyapa atau prospek beberapa pelanggan maka itu lebih baik. Karena di jam – jam ini kemungkinan di respon pelanggan lebih besar. Tapi ingat, jangan terlalu panjang karena biasanya pada jam itu pelanggan lagi sibuk mau berangkat kerja. Perhatikan beberapa hal dibawah ini:

- Siapkan daftar pelanggan yang akan dihubungi, paling tidak 5 – 10 nama.

- Setelah itu, persiapkan juga script yang akan anda gunakan untuk menyapa atau prospek mereka dan ingat, jangan terlalu panjang.

- Meskipun tiap hari anda sudah terbiasa berbicara dengan pelanggan, tidak ada salahnya jika latihan dulu paling tidak 5menit.

- Baru setelah semuanya sudah siap, hubungi pelanggan anda. Gunakan script yang sudah disiapkan tapi itu juga  bukan berarti anda harus terpaku dengan script sehingga terdengar kaku, buatlah senatural mungkin.

   2. Break : 08:00 – 08:15

Ambil waktu sebentar untuk beristirahat sambil minum kopi dan menambah wawasan anda dengan berselancar di internet atau di surat kabar.

  3. Follow Up : 08:15 – 9:30

Cek lagi daftar pelanggan yang telah anda prospek dalam satu minggu ini, tulis sebuah email untuk follow up atau bisa langsung dihubungi. Minta waktu mereka paling tidak 10menit untuk membicarakan penawaran yang telah anda ajukan.

   4. Diskusi : 09:30 – 11:30

Ajak diskusi satu atau dua pelanggan atau partner anda yang paling prospek terkait dengan penawaran yang telah diajukan

   5. Makan Siang : 11:30 – 13:00

Saat makan siang bisa dikatakan waktu yang tepat untuk bertemu dan diskusi dengan pelanggan atau partner anda. Karena disini obrolan bisa lebih santai jadi kemungkinan deal bisa lebih besar.

  6. Evaluasi : 13:00 – 14:00

- Catat apa saja pertanyaan yang sudah pelanggan anda ajukan dan yang sudah diajukan kepada anda.

- Selain itu, ingat dan catat juga jawaban apa yang sudah anda berikan dan jawaban apa yang sudah mereka berikan.

- Periksa laporan anda, apakah sudah mendekati target atau masih jauh. Manfaatkan juga waktu ini untuk menambah wawasan anda terkait profesi anda. Mungkin ada hal baru yang bisa anda gunakan untuk meningkatkan penjualan. Intinya adalah selalu update wawasan anda.

   7. Terima Kasih : 14:00 – 14:30

Kirimkan email atau hubungi pelanggan atau calon pelanggan anda dan ucapkan terima kasih telah membeli produk kami atau telah meluangkan waktu untuk membaca atau mendengarkan penawaran anda.

   8. Istirahat : 14.30 – 14:45

Minum kopi sejenak sambil merefresh otak dan tubuh anda sebelum melanjutkan pekerjaan.

  9. Diskusi dengan Teman Kerja : 14:45 – 16:30

Pada waktu ini anda bisa manfaatkan untuk berdiskusi dengan teman kerja anda dari lain divisi. Misalnya dengan customer service6 Hal yang Sangat Diinginkan Pelanggan. Read more ... » atau dengan bagian keuanganJangan Lupa ! Persiapkan Pengeluaran Tak Terduga. Read more ... » atau dengan bagian marketingPentingnya Pemilihan Warna untuk Marketing dan Branding. Read more ... ». Tidak hanya ngobrol ringan atau bergosip sana sini tapi juga untuk menggali kabar dan ide terbaru mereka, tentu saja bukan untuk anda jadikan sumber bergosip di tempat lain melainkan menjadi sumber pembelajaran agar anda bisa mendapatkan inspirasiSusah cari kerja ? Buka Usaha Saja. Read more ... » baru untuk lebih semangat lagi berjualan.

 10. Prospek : 16:30 – 17:00

Lakukan hal yang sama seperti di pagi hari, sapa atau prospek mereka.

 11. Pulang : 17:00

Wow ! Anda seudah melakukan yang terbaik hari ini. Pulang dan istirahat, isi ulang energi anda untuk hari esok.

Incoming search terms:



Banyak Berbagi Banyak Rejeki

Tentang Rizal Arisona

Comments

Tips lainnyaclose