Jangan Lewatkan

Panduan Menggunakan #hashtag yang Tepat

panduan-menggunakan-#hastag-yang-tepat-photo

Penting untuk diketahui bagi marketer terutama social media marketer bagaimana cara menggunakan #hashtag yang tepat. Meskipun awalnya #hashtag muncul di twitter namun sekarang sudah menjamur disemua media sosial. Berawal dari twitter kini sudah merambah di facebook, instagram bahkan google plus juga sudah menggunakan ini. Tidak bisa dipungkiri memang dengan menggunakan #hashtag orang akan lebih tahu dengan jelas apa yang sebenarnya ingin kita sampaikan.

 

Apakah #hashtag berpengaruh besar dalam pengembangan bisnisSaat Pekerjaan Menjadi Permainan, Disitulah Perusahaan Menang. Read more ... » ?

Jika anda fokus menggunakan strategi pemasaran2 Hal yang Sering Dilupakan Oleh Sales. Read more ... » media sosial maka saya jawab ya. Karena sebagian besar media sosial yang digunakan di Indonesia saat ini sudah menggunakan kekuatan ini. Kita ambil contoh misalnya anda memiliki sebuah toko kue bernama “lovelycake”. Tiap kali nge-tweet selalu gunakan #lovelycake, maka siapapun yang membacanya akan selalu ingat dengan toko anda dan akan ada ditiap tweet yang membicarakan toko anda. Gunakan di tiap media sosial yang digunakan untuk memasarkan toko dan produk anda karena ini juga strategi untuk meningkatkan loyalitas pelangganSurvey Mengukur Tingkat Kepuasan Pelanggan. Read more ... ».

 

Lalu bagaimana cara menggunakan #hashtag yang tepat ?

Berikut aturan dasar dalam menggunakan #hashtag :

   1. Gunakan simbol #hashtag (#)

Yang namanya #hashtag pasti simbolnya ya ini (#), mungkin saja ada yang belum tahu. Jadi, tiap usaha pasti punya kata kunci tersendiri untuk mendeskripsikan produknya. Contohnya lovelycake diatas, misalnya dia menjual kue dalam toples atau sekarang lebih dikenal dengan cake in the jar. Pakai saja #cakeinthejar atau lebih spesifik lagi misalnya yang dijual adalah cheese cake, gunakan saja #cheesecakeinthejar. Seperti yang dilakukan oleh The Styleliner, toko aksesoris yang jualannya di truk. Dia menggunakan #hashtag #fashiontruck dan #accessoriesonwheels untuk mendeskripsikan usahanya dan meningkatkan pengunjung. Ini akan memudahkannya untuk muncul di kolom pencarian.

   2. Awal, Tengah dan Akhir

Letakkan #hashtag pada awal, tengan dan akhir tweet anda. Contohnya #lovelycake ada hidangan baru lho, selain #cakeinthejar yang sudah membahana kini hadir #puddinginthejar. Tinggal disesuaikan dengan jenis usaha anda.

   3. Jangan di Private

Perlu diingat bahwa #hashtag tidak akan muncul di pencarian kalau akun twitter anda di private.

 

Dibawah ini cara terbaik dalam menggunakan #hashtag :

    1. Jangan Nyampah alias nge-spam

Menggunakan banyak #hastag dalam sebuah tweet hanya akan memperburuk reputasi usaha anda dimata pembaca. Itu juga akan menurunkan nilai dari deskripsi yang coba anda sampaikan lewat #hashtag.

   2. Gunakan satu #hashtag

Untuk mengembangkan brand usaha anda lebih baik menggunakan satu #hashtag paten yang bisa anda gunakan dalam tiap tweet atau postingan disemua media sosial. Seperti yang saya contohkan #lovelycake diatas.

   3. Chat di Twitter

Ada fasilitas chat di Twitter yang biasa juga disebut dengan Live Q&A session. Dimana ini bisa anda gunakan untuk ngobrol dengan pelanggan anda, mungkin ada yang punya keluhan atau ada calon pelanggan yang ingin tahu tentang produk anda. Gunakan #hashtag ditiap obrolan ini misalnya #lovelycakechat atau #lovelychat.

  4. #hashtag offline

Memang hal ini lahirnya di media online namun anda bisa manfaatkan juga diluar itu. Misalnya anda pasang iklan di tv atau pasang iklan di pinggir jalan, bisa juga anda buat sticker dan dibagikan pada tiap pengunjung yang datang. Ini salah satu strategi untuk meningkatkan loyalitas pelanggan dan membuat mereka selalu ingat dengan toko dan produk anda. Selain itu juga bisa pasang banner atau poster di toko anda denga #hashtag didalamnya.

   5. Pilih kata yang jelas

Pemilihan kata juga penting sebelum anda menggunakan #hashtag. Pilih kata yang mudah diingat dan paling mewakili usaha anda. Contohnya seperti X-Factor, produser dari ajang pencarian bakat ini ingin membuatnya dalam versi British juga dan mempromosikannya dengan #XFUSA tapi tidak berhasil. Kenapa ? Karena orang sudah terbiasa dengan X-Factor dan lebih mudah diucapkan dan diingat.

Incoming search terms:



Banyak Berbagi Banyak Rejeki

Tentang Rizal Arisona

Comments

Tips lainnyaclose