Jangan Lewatkan

Mau Usaha Tapi Belum Punya Modal ?

mau-usaha-tapi-belum-punya-modal-picture

Tidak bisa dipungkiri bahwa saat ini angka pengangguran di negeri kita tercinta semakin besar dan persediaan lapangan kerja tidak bisa mengimbangi jumlah pengangguran tersebut. Sebenarnya banyak orang yang ingin membuka sebuah usaha agar bisa menyediakan lapangan pekerjaan bagi orang lain. Mulai dari mahasiswa, ibu rumah tangga bahkan karyawanJangan Pernah Mempekerjakan Orang-orang Ini. Read more ... » yang sudah bekerja dan memiliki gaji tinggi ada yang ingin membuka usaha sendiri. Namun, banyak hal yang menjadi pertimbangan diantaranya :

  1. Bingung mau usaha apa ?
  2. Modal dapat darimana ?
  3. Takut tidak bisa memasarkan
  4. Belum usaha tapi takut bangkrut

Masalah – masalah diatas sering muncul ketika seseorang ingin memulai usahaBagaimana Cara Agar Email Anda Dibuka Pelanggan ?. Read more ... ». Tapi, jika terus memikirkannya maka anda akan selalu takut dan tidak akan pernah memulai usaha. Ibarat ada sebuah lagu dan anda terus memutarnya setiap hari maka apa yang akan terjadi ? Lirik lagu tersebut tanpa disadari sudah terukir indah di memori anda. Dimanapun mendengarnya anda akan langsung bisa menyanyikannya tanpa kesalahan sedikitpun.

Oleh karena itu, daripada terus memikirkan permasalahan diatas saya akan berikan solusi untuk salah satu dari empat permasalahan tersebut yaitu modal dapat darimana ?

1. Mahasiswa

Untuk rekan – rekan mahasiswa yang ingin berwirausaha sambil kuliah biasanya paling bingung cari modal karena pemasukan mereka berasal dari orang tua yang biasanya hanya pas untuk bayar kos, kebutuhan sehari – hari, nge-print laporan, transport ke kampus dan jalan – jalan. Itu kalau mahasiswa yang kupu – kupu (kuliah pulang kuliah pulang) tapi kalau mahasiswa yang aktif dengan kegiatan di luar kampus atau yang doyan main, wah beda lagi kebutuhannya. Lalu, kalau uang sudah pas untuk kebutuhan tersebut maka dapat dari mana untuk modal ? Jawabannya ada dibawah ini :

1. Ikuti Program Kampus

Ada kampus yang memiliki program untuk membiayai atau memberi modal mahasiswanya agar bisa berwirausaha. Tentunya tidak semua mahasiswa, biasanya harus mengajukan proposal dulu dan nanti harus presentasi. Ide dan presentasi siapa yang paling bagus maka itulah yang akan diterima dan diberi modal untuk mulai berwirausaha.

2. Join dengan Beberapa Teman

Jika tidak lolos di program kampus seperti diatas atau tidak ada program seperti di kampus anda maka bisa gandeng beberapa teman untuk berwirausaha. Dengan begitu modal tidak hanya bersumber dari satu orang namun dari beberapa orang. Mungkin memang tidak besar namun jika memang sudah niat maka modal pas – pasan pun jadi.

3. Jadi Reseller

Saat ini sudah banyak sekali usaha – usaha yang menawarkan untuk bisa jadi reseller. Jadi tidak perlu ada modal memulainya, hanya perlu usaha keras untuk jualanPentingnya Manajemen Waktu untuk Sales. Read more ... » di tengah – tengah jadwal kuliah.

 4. Pinjam ke Orang Tua

Ini adalah alternatif jika cara 1 dan 2 tidak berhasil dan jika anda tidak ingin menjadi reseller tapi ingin punya produk sendiri untuk dijual maka cobalah cara ini. Namun, jadikan ini benar – benar alternatif terakhir agar tidak membebani orang tua.

2. Ibu Rumah Tangga

Hampir mirip dengan mahasiswa yaitu pemasukan hanya bersumber dari suami dan itupun sudah ada tempatnya sendiri – sendiri. Untuk belanja kebutuhan pokok, uang jajan anak, uang sekolah, bayar listrik dan air dan masih banyak kebutuhan lain yang biasanya sudah dianggarkan dihari menjelang sang suami gajian. Oleh karena itu, beberapa cara dibawah ini mungkin bisa jadi rederensi :

1.Sisihkan Sedikit Uang Bulanan dari Suami

Cari harga kebutuhan yang paling murah dengan membandingkan toko satu dengan yang lain. Tidak usah banyak – banyak, bisa tiga toko saja yang tedekat dari rumah anda. Cari yang paling murah sehingga anda bisa menyisihkan sedikit uang bulanan tersebut.

2. Jadi Reseller

Lagi – lagi jadi reseller menjadi alternatif untuk anda yang ingin berwirausaha namun tidak punya modal. Tidak ada salahnya memulai dari titik ini, nanti hasilnya bisa ditabung untuk modal dan kebutuhan pribadi.

3. Karyawan

Banyak yang ingin lepas dari pekerjaannya dan mulai berwirausaha. Untuk karyawan yang gajinya pas – pasan mungkin memang susah untuk menyisihkan sedikit gaji agar bisa dijadikan modal. Tapi kalau sudah niat maka gaji sedikitpun bisa jadi modal. Salah satu caranya adalah dengan menjadi reseller. Sepertinya cara ini memang paling mudah dilakukan jika ingin memulai usaha tapi modal pas–pasan atau bahkan belum ada modal. Satu tips untuk karyawanJangan Lakukan Hal Ini Ketika Memulai Pekerjaan Baru. Read more ... » jika usaha reseller anda sudah sedikit membuahkan hasil maka jangan enggan untuk menyisihkan gaji anda dan di gabung dengan hasil usaha reseller.

Jadi, apakah masih ragu untuk berwirausaha karena tidak punya modal ?

Incoming search terms:



Banyak Berbagi Banyak Rejeki

Tentang Rizal Arisona

Comments

Tips lainnyaclose