Jangan Lewatkan

Kata Tidak dalam Keberhasilan Usaha

Dalam kehidupan, Anda pasti dihadapkan pada dua opsi yang saling berkaitan, misalnya menang dan kalah, jatuh dan bangun, naik dan turun, dsb. Nah, menyangkut soal bisnisSaat Pekerjaan Menjadi Permainan, Disitulah Perusahaan Menang. Read more ... », Anda juga pasti dihadapkan untuk cepat memberikan jawaban terhadap masalah apapun, jawaban tersebut biasanya bernada setuju dan tidak atau ya dan tidak. Tentu semua jawaban yang keluar dari anda haruslah yang memberikan kesuksesan pada bisnis anda kelak dan ketika hal tersebut adalah tujuan akhir, maka menjawab “tidak” pun bisa menjadi keputusan terbaik yang harus anda pilih.

Berikut adalah langkah-langkah yang bisa membantu Anda untuk bisa mengatakan “tidak” pada peluang yang mendatangi Anda dengan lebih mudah:

  1. Berhenti sejenak. perasaan cemas yang muncul dengan mengatakan tidak bisa memuncak menjadi sebuah kondisi emosional yang membuat kita terganggu dalam proses mengolah informasi dan pertimbangan berbagai opsi yang ada. Berhenti sejenak atau setidaknya memperlambat irama kerja atau pembuatan keputusan untuk sementara waktu dapat membuat kita berpikir lebih jernih dan memungkinkan untuk mengejar kembali dengan tenaga yang lebih tinggi, serta membuat pilihan yang menguntungkan kita. Bukan hanya memilih opsi yang meringankan kecemasan kita untuk sementara hanya karena kita merasa bodoh tidak menyambut dan menangkapnya segera.
  2. Berlatihlah mengatakan tidak. Mengatakan tidak dengan cara yang tepat dan memilih kapan harus menolak memang membutuhkan sebuah latihan dan waktu. Menolak peluang yang datang, yang tidak bisa Anda penuhi dengan maksimal, sama saja dengan ketrampilan interpersonal lainnya. Pertama kali terasa agak canggung untuk melakukannya dan seiring berjalannya waktu, Anda akan merasakan dampak positifnya dan lebih terbiasa. Kita akan menjadi lebih sempurna dengan membiasakan diri.
  3. Dengarkan pendapat orang lain. Jika anda merasa bingung dengan putusan ya atau tidak, anda bisa menggunakan pendapat orang lain untuk memberikan referensi berpikir dan mengambil keputusan. Langkah ini diambil tentu mengingat bahwa anda manusia biasa yang butuh orang lain untuk membantu anda dalam melakukan segala sesuatu.

Seperti yang telah dikatakan di awal paragraf bahwa kehidupan ini senang tiasa mempunyai dua pilihan yang saling berkaitan. Anda harus cermat memilah pioritas dan mampu berkata “tidak” agar anda tidak kewalahan dalam mengelola bisnis anda sendiri.



Banyak Berbagi Banyak Rejeki

Tentang Rizal Arisona

Comments

Tips lainnyaclose