Jangan Lewatkan

Jangan Pernah Mempekerjakan Orang-orang Ini

Jangan-Pernah-Mempekerjakan-Orang-orang-Ini-logo

Jangan Pernah – Siapa yang tepat dimasukkan dalam kategori diatas ? Jawabannya adalah teman anda atau teman dari teman anda. Mungkin memang akan sangat mudah merekrut pegawai jika anda mempunyai banyak teman atau koneksi. Mereka akan merekomendasikan dirinya sendiri atau merekomendasikan teman mereka.

Tapi justru hal itu sangat berbahaya. Dibawah ini dua hal yang harus anda lakukan ketika mendapat rekomendasi dari teman dan tidak berakhir dengan perekrutan yang buruk.

1. Posisikan diri anda sebagai orang lain

Jika anda memposisikan diri anda sebagai teman dari teman yang akan anda rekrut maka anda tidak akan mempertimbangkan hal lain selain faktor “sungkan”. Tapi jika anda benar-benar memposisikan diri anda sebagai seorang pengusaha atau pimpinan yang sedang merekrut calon karyawan maka anda akan mempertimbangkan hal lain layaknya perekrutan pada umumnya.

Hal-hal seperti kemampuan, pola pikir, perilaku mungkin tidak akan anda pedulikan jika itu adalah teman anda. Apalagi jika hubungan anda dan teman anda sudah sangat baik bahkan sudah seperti saudara anda sendiri. Maka anda kan merasa “sungkan” jika tidak mempekerjakannya. Sama halnya dengan teman dari teman anda.

Hal ini sering terjadi pada banyak pengusaha atau pimpinan. Oleh karena itu, ketika anda dihadapkan dengan keadaan seperti ini maka tanyakan pada diri anda sendiri apakah saya sudah benar-benar melihat orang ini secara obyektif ? Apakah saya sudah benar-benar tahu latar belakang orang ini ? Apa yang saya pikirkan dengan surat lamaran itu jika saya tidak tahu siapa yang memberikannya ?

2. Buatlah Standarisasi Sistem

Bayangkan ketika anda akan memberi sebuah tugas pada teman yang sudah menjadi karyawan anda dan bahan dari tugas itu ada pada anda. Jika orang itu bukan teman anda maka mereka akan meminta bahan tersebut dengan datang ke ruangan anda pada jam kerja. Namun, akan lain halnya jika itu adalah teman atau teman dari teman anda. Mereka akan santai saja, tidak akan terlalu memikirkan tugasnya atau bahkan mereka akan mengambil bahannya di rumah anda. Bukankah itu sangat mengganggu ? Oleh karena itu anda harus membuat suatu standar operasionalBagaimana Cara Agar Tidak Membuang Waktu Saat Rapat ?. Read more ... » yang harus dan wajib dilakukan oleh semua karyawan.

Apalagi jika usaha anda baru merintis, mungkin anda pikir dengan mempekerjakan teman anda akan lebih mudah karena sudah saling kenal satu sama lain. Tapi, satu hal yang perlu anda ingat, terkadang mereka yang lebih tahu tentang anda adalah yang lebih berpotensi menghancurkan anda.

Jadi, pertimbangkanlah ketika anda harus merekrut teman anda atau teman dari teman anda. Apakah anda siap menanggung resikonya ?

Incoming search terms:



Banyak Berbagi Banyak Rejeki

Tentang Rizal Arisona

Comments

Tips lainnyaclose