Jangan Lewatkan

Jangan Lupa ! Persiapkan Pengeluaran Tak Terduga

jangan-lupa-persiapkan-pengeluaran-tak-terduga-picture

Tidak semua yang sudah kita rencanakan akan berjalan mulus tanpa hambatan. Apakah itu didunia bisnisSaat Pekerjaan Menjadi Permainan, Disitulah Perusahaan Menang. Read more ... » atau dalam kehidupan pribadi pasti ada saja hambatannya. Terkadang kita sudah merencanakan sedemikian rupa, sesempurna mungkin, menulis semua pengeluaran tetap tiap bulan, dan masih banyak perencanaan lain. Tanpa memikirkan bahwa pengeluaran tak terduga masih menghantui.

 

Bayangkan jika tiba – tiba dipertengahan bulan suatu hal tak terduga terjadi dan itu membutuhkan cukup biaya untuk memperbaiki atau mengembalikan ke keadaan semula. Bagaimana jika ternyata anda tidak memiliki uang untuk pengeluaran tak terduga tersebut ? Mungkin anda masih punya uang yang belum dibayarkan, tapi bukankah uang itu untuk pengeluaran tetap yang sudah anda anggarkan ? Lalu jika uang itu anda gunakan untuk pengeluaran tak terduga tadi, bagaimana anda membayar pengeluaran tetap tersebut ? Apakah anda menjawab hutang ? Saya rasa tidak semua orang suka dengan hal satu ini.

 

Oleh karena itu, agar anda tidak bingung cari pinjaman sana sini ketika dihadapkan dengan pengeluaran tak terduga, lebih baik anda persiapkan dana jauh hari sebelumnya. Berikut tips untuk mempersiapkan pengeluaran tak terduga :

   1. Perkirakan seberapa banyak dana yang anda butuhkan

Belajar dari pengalaman – pengalaman anda sebelumnya ketika dihadapkan dengan situasi tak terduga, kira – kira berapa banyak yang anda butuhkan. Karena memang kita tidak tahu hambatan apa yang akan menghadang jadi kita tidak bisa memastikan berapa jumlahnya. Salah satu caranya adalah belajar dari pengalaman – pengalaman sebelumnya.

   2. Sisihkan dana tak terduga dari biaya sehari – hari

Dana untuk pengeluaran tak terduga berarti harus ada kapanpun dibutuhkan. Oleh karena itu, jangan dicampur dengan dengan biaya sehari – hari. Anda bisa sediakan dompet sendiri atau bisa membuat rekening sendiri khusus untuk pengeluaran tak terduga. Karena terkadang ketika kita mulai menabung ada rasa ingin menggunakannya untuk keperluan yang mungkin kurang penting atau tidak ada dalam rencana. Pengeluaran tak terduga adalah dana yang direncanakan untuk situasi yang tidak direncanakan.

   3. Lakukan secara berkelanjutan

Mungkin tidak setiap bulan akan ada pengeluaran tak terduga namun tidak ada salahnya anda tetap menabung atau menyisihkan dana untuk pengeluaran tak terduga tersebut. Anda bisa menabung tiap hari atau tiap bulan. Lakukan secara terus menerus, meskipun tidak ada pengeluaran tak terduga. Paling tidak dia akan ada kapanpun anda butuhkan.

 

Cukup ingat kalau semua tidak bisa berjalan mulus sesuai yang kita rencanakan. Akan ada hal – hal tak terduga yang akan terjadi. Maka dari itu, mempersiapkan dana untuk pengeluaran tak terduga itu sangat perlu.



Banyak Berbagi Banyak Rejeki

Tentang Rizal Arisona

Comments

Tips lainnyaclose