Jangan Lewatkan

Hilangkan Kebiasaan Menunda Pekerjaan

Menunda sebuah pekerjaan adalah kebiasaan buruk yang sering terjadi pada seorang pengusaha. Penyebabnya macam-macam, mulai dari hilangnya semangat karena bisnisSaat Pekerjaan Menjadi Permainan, Disitulah Perusahaan Menang. Read more ... » yang dijalani sedang turun omset, atau malah rasa jenuh yang hinggap karena bisnis yang dijalani sudah mapan.

Apapun alasannya, menunda pekerjaan akan membuat pekerjaan anda semakin menumpuk, bahkan bisa membuat beberapa pekerjaan terbengkalai dan terlewat. Jika terus dilakukan, bukan tidak mungkin anda akan semakin merasa frustasi karena pekerjaan yang tidak kunjung selesai. Padahal jika dipikir-pikir, anda lebih memilih menggunakan waktu luang untuk beristirahat secara berlebihan ketimbang menyicil pekerjaan.

Maka dari itu, jika kebiasaan buruk ini mulai anda alami, ada beberapa tips berdasarkan referensi dari situs ciputraentrepreneurship.com untuk mengatasi sikap menunda pekerjaan.

1. Bayangkan Profit yang Akan Anda Dapatkan
Rasa puas diri terhadap sebuah pencapaian suatu usaha sering menyesatkan para pengusaha dengan membuat kebanyakan dari mereka menjadi lupa diri. Keadaan ini memicu motivasi diri dalam pekerjaan menjadi menurun sehingga menimbulkan rasa malas serta bosan dalam menjalani rutinitas harian dalam menjalankan roda bisnis mereka. Akibatnya, kebiasaan buruk menunda suatu pekerjaan menjadi salah satu cara mereka dalam mengatasi kejenuhan, padahal itu adalah cara yang salah.

Cara sederhana untuk mengatasi menurunnya motivasi bekerja adalah dengan membayangkan keuntungan atau laba yang bisa dihasilkan dengan menjalankan suatu pekerjaan. Cobalah, pikirkan beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan jika pekerjaan bisa terselesaikan, itu akan bisa meningkatkan lagi motivasi Anda dalam bekerja.

2. Mulailah Pekerjaan dari yang Mudah
Jika Anda merasa terlalu berat tanggung jawab pekerjaan yang Anda jalankan, maka pilihlah tugas atau pekerjaan dari yang paling mudah. Cara ini akan sangat membantu Anda dalam meringankan pekerjaan – pekerjaan selanjutnya.

Karena, biasanya pekerjaan atau proyek yang lebih berat akan menyita banyak energi dan tenaga Anda. Dan hal ini yang bisa membuat otak Anda menjadi malas untuk mengerjakannya. Ketika rasa berat ini sudah menghinggapi pikiran Anda, maka pekerjaan selanjutnya, meskipun ringan akan semakin terasa berat.

Namun, jika Anda mengerjakan dari yang ringan terlebih dahulu, maka pekerjaan berat yang belum Anda selesaikan akan terasa lebih ringan.  Kenapa demikian, karena alam bawah sadar Anda masih terbawa dari pekerjaan ringan yang Anda kerjakan sebelumnya, dan ini sangat membantu Anda dalam menyelesaikan pekerjaan yang lebih berat.

3. Kesampingkan Dahulu Urusan Pribadi
Kesampingkan dahulu urusan pribadi Anda, perlu Anda ketahui urusan pribadi sangat berbeda dengan urusan keluarga. Sering kita terlalu terbawa dalam urusan pribadi kita sehingga kita lalai terhadap kewajiban kita dalam menjalankan pekerjaan. Misalnya adalah ketika kita bertemu dengan teman – teman dan sekedar minum kopi bersama, itu akan sangat mempengaruhi etos kerja Anda.

Apalagi hal – hal semacam itu sering membuat kita lupa waktu, waktu kita sering terbuang sia – sia karena terlalu asyik dengan teman kita. Teman memang sangat penting, namun jangan sampai hal itu menghancurkan semua yang telah Anda bangun selama ini. Sering kita menunda sebuah pekerjaan hanya karena merasa sungkan menolak sebuah ajakan dari teman.

4. Menunda Pekerjaan Dapat Menghilangkan Fokus Kerja
Dengan memahami fokus utama pada sebuah pekerjaan, akan membantu Anda sedikit meringankan beban kerja bisnis yang Anda jalankan. Dalam menjalankan atau mengelola sebuah usaha, tidak bisa semuanya Anda kerjakan sendirian. Semuanya memerlukan partner bisnis untuk menjadi rekan kerja untuk mendukung bisnis Anda.

Di sinilah kadang – kadang banyak pengusaha sedikit melupakan peran partner bisnis. Ketika Anda merasa semua pekerjaan bisa Anda kerjakan sendirian, maka beban pekerjaan yang akan Anda kerjakan akan semakin berat. Di saat beban semakin berat, maka potensi penundaan dalam melakukan pekerjaan akan semakin besar.

Untuk itu, cobalah untuk mengerjakan bagian yang memang benar – benar harus Anda kerjakan. Mulailah dari sekarang untuk menentukan fokus utama pekerjaan Anda, dan limpahkan tugas yang lain pada bawahan, rekan atau partner bisnis Anda agar semuanya bisa terselesaikan dengan segera.



Banyak Berbagi Banyak Rejeki

Tentang Rizal Arisona

Comments

Tips lainnyaclose