Jangan Lewatkan

Enam Tips Membuat Pelanggan Puas

Membuat pelangganSurvey Mengukur Tingkat Kepuasan Pelanggan. Read more ... » puas adalah kunci utama dari keberhasilan sebuah usaha. Karena tanpa pelanggan maka anda tidak akan mampu menjalankan usaha anda lebih lama. Namun pada prakteknya, banyak ditemui berbagai macam kejadian yang akan memaksa anda untuk bisa mengatasi semua masalah berkaitan dengan pelanggan. Ada saatnya produk/jasa yang anda jual tidak sesuai dengan ekspetasi pelanggan maka anda harus memberikan jaminan bahwa anda mampu meningkatkan kualitas produk sehingga anda tidak kehilangan pelanggan.

Memertahankan pelanggan artinya membuat mereka puas dengan produk/jasa anda. Ada banyak caranya dan berikut adalah beberapa tips agar pelanggan anda puas dengan layanan anda.

1. Pelayanan
Pembeli adalah raja. Dengan prinsip tersebut, maka Anda harus memberikan pelayanan yang prima kepada calon pelanggan atau pelanggan Anda jika tak ingin ditinggalkan. Anda harus memberikan pelayanan yang cepat, baik dalam kecepatan informasi, solusi masalah, proses pembelian dan pembayaran dan hal lainnya agar jangan sampai mengecewakan pelanggan Anda.

Selain itu, pelanggan sangat suka keramahtamahan, sehingga ada baiknya Anda bersikap ramah dan lakukanlah komunikasi yang baik ketika melayani mereka agar mereka menyukai pelayananmu dan akhirnya membeli produkmu.

2. Penghargaan
Berikanlah penghargaan pada semua calon pelanggan ataupun yang sudah menjadi pelanggan, dengan cara menghormatinya. Misalnya pelanggan mengajukan keluhan, usahakan Anda tetap bersikap sopan meski tersingung dengan yang dikatakannya.

Anda harus tetap mendengarkan keluhan, kritikan untuk bisa menemukan solusi yang saling menguntungkan dua pihak. Jangan pernah lupa mengucapkan terima kasih kepada pelanggan yang sudah membeli atau mempergunakan jasamu.

Meski ucapan tersebut kelihatan amat sederhana tapi efeknya cukup besar karena pelanggan merasa dihormati dan dihargai. Dengan bersikap seperti itu akan meningkatkan kepercayaan dan kesetian pelanggan Anda, lho.

3. Kemudahan akses
Berikan kemudahan akses kepada pelanggan Anda ke perusahaan ketika mereka membutuhkan informasi atau menyatakan keluhan dan minta solusi. Kemudahan akses bisa melalui karyawanJangan Pernah Mempekerjakan Orang-orang Ini. Read more ... » Anda, call centre, website, kantor perusahaan dan sebagainya. Pokoknya, usahakan pelanggan tidak akan kesulitan ketika akan berhubungan dengan perusahaan.

4. Produk
Tampilan atau cover produk Anda sangat penting untuk bisa mengambil hati pelanggan. Tampilan ini yang menjadi magnet pertama menarik minat pelanggan, sehingga harus dibuat semenarik dan seunik mungkin.

Biasanya kalau kemasannya menarik maka pelanggan akan sangat tertarik untuk mengetahui dan mencoba yang ada di dalamnya. Jika mereka puas dengan produk di dalamnya, bukan hanya pada kemasannya maka mereka tidak akan ragu lagi untuk menjadi pelanggan Anda.

Sebenarnya tidak hanya tampilan produk yang harus terlihat menarik tapi hal lainnya yang mendukung juga harus ditampilkan sama menariknya, seperti bentuk produk, suasana kantor, tampilan media maupun promosi dan sebagainya.

Anda juga harus menjaga kualitas produk, ketersediaan produk dan pendukung teknis lainnya agar pelangganmu senang.

5. Keamanan
Anda wajib memberi keamanan terhadap produk yang Anda jual agar pelanggan merasa aman dan nyaman. Tapi selain produk, kemanan data dan informasi pelanggan juga harus dijaga agar pelanggan Anda tidak merasa dikhianati.

Pastikan juga bahwa pelanggan Anda akan merasa aman saat menggunakan produk dan layanan serta lainnya ya, sehingga mereka akan menjadikan produk Anda sebagai pilihannya.

6. Berikan bonus atau hadiah
Banyak perusahaan yang memberikan hadiah atau bonus untuk mengambil hati pelanggan. Nah, Anda bisa saja mencoba cara ini karena lumayan berhasil.

Tapi biasanya pendekatan seperti ini hanya berhasil pada awalnya karena seiring habisnya masa pembagian bonus atau hadiah maka pelanggan juga pelan-pelan akan pergi mencari perusahaan lain yang memberikan keuntungan serupa.

Incoming search terms:



Banyak Berbagi Banyak Rejeki

Tentang Rizal Arisona

Comments

Tips lainnyaclose