Jangan Lewatkan

Buka Usaha ? Usia dan Pengalaman Tidak Penting

Tahukah-Anda-Pola-Pikir-Lebih-Penting-daripada-Usia-dan-Pengalaman-photo

Ada yang lahir dari tahun 50 – 60an, ada yang lahir di tahun 70 – 80an, ada juga yang lahir ditahun millennium. Dengan gaya hidup dan cara berkomunikasi yang berbeda-beda. Kemudian mereka dipertemukan ditahun sekarang ini, dipertemukan katakanlah dalam suatu perusahaan. Mereka yang lahir di tahun 70 – 80an akan menjadi atasan dari yang lahir ditahun millennium. Kenapa ?

1. Usia

2. Pendidikan

3. Pengalaman Kerja

Tiga hal diatas menjadi faktor utama bagi sebuah perusahaan untuk menunjuk siapa-siapa saja yang pantas untuk mendapatkan jabatan tinggi. Memang ada perusahaan yang tidak mementingkan tiga hal diatas. Namun itu hanya beberapa saja, mungkin hanya sekitar 20%.

Itu juga bukan berarti mereka yang lahir ditahun millennium atau katakanlah yang masih muda ditahun ini bisa direkomendasikan dengan alasan yang muda pasti memiliki inovasi-inovasi yang unik. Tidak semua yang muda seperti itu.

Bisa kita lihat sendiri bahwa saat ini para generasi muda sudah sangat sibuk dengan dunia mereka sendiri. Mereka sibuk dengan gadget mereka masing-masing, dengan berbagai macam social mediaPanduan Menggunakan #hashtag yang Tepat. Read more ... » yang ada akan membuat mereka gengsi jika mereka kelewatan update status di facebook, nge-tweet di tweeter, upload foto di instagram, check-in di path / foursquare, dan masih banyak social media yang lain. Lalu, jika mereka sudah sibuk dengan dunia itu apakah mungkin mereka akan menemukan sebuah inovasi ? Mungkin iya mereka akan mendapatkan inovasi dari sana tapi berapa persen yang bisa seperti itu ? Dan berapa persen yang hanya ingin menunjukkan eksistensi dirinya di social media tanpa memikirkan hal lain ?

Lalu apa yang paling penting ? Jawabannya adalah Pola Pikir.

Sedikit perusahaan yang mempertimbangkan faktor ini utuk merekrut karyawannya. Kebanyakan dari mereka mendahulukan usia, pendidikan dan pengalaman.

Pola Pikir seperti apa yang dimaksud ?

Pola pikir dari orang-orang yang tidak suka menunggu sampai suatu hal terjadi tapi yang membuat hal-hal itu terjadi dan membuat mereka lebih sukses.

Mereka cenderung berpikiran out of the box, tidak suka berada di zona nyaman, dan berani untuk beda dari yang lain. Terdorong untuk berhasil, untuk sukses, sangat enerjik dan bersemangat melakukan apa yang membuat mereka sukses.

Kalau bisa diambil contoh adalah seorang entrepreuner/wirausahawan atau juga seorang manager. Mereka akan berpikiran bagaimana caranya untuk mendorong perusahaan lebih sukses, berpikiran beda dari yang lain.

Jadi, jangan pernah membedakan yang muda dengan yang sudah berumur, yang punya buanyaak sekali pengalaman atau tidak. Hal itu akan percuma saja kalau mereka tidak memiliki pola pikir yang berbeda. Yang hanya datang, duduk dan pulang setiap harinya.



Banyak Berbagi Banyak Rejeki

Tentang Rizal Arisona

Comments

Tips lainnyaclose