Jangan Lewatkan

Bagaimana Cara Agar Tidak Membuang Waktu Saat Rapat ?

bagaimana-cara-agar-tidak-membuang-waktu-saat-rapat-picture

Seringkali ketika anda rapat entah itu rapat mingguan atau bulanan atau rapat-rapat yang lain pasti ada waktu dimana anda dan tim anda hanya ngobrol ringan saja dan itu membuang waktu. Memang tidak disalahkan ketika anda suasana sedikit lebih rileks namun anda bisa isi dengan cara lain. Kalau hanya ngobrol ringan pasti ada beberapa tim anda yang memanfaatkan untuk bergosip. Bukankah anda rapat dengan tujuan ingin evaluasi, membahas tentang target ke depannya dan langkah efektif apa yang akan diambil setelah ini. Daripada hanya membuang waktu dengan bergosip atau ngobrol-ngobrol ringan lebih baik anda isi dengan memutar video-video motivasi atau anda buat rapat anda sesingkat dan seefektif mungkin tanpa membuang waktu.

Dibawah ini beberapa cara agar tidak membuang waktu saat rapat :

   1. Buat Agenda

Tulis apa saja yang akan anda bahas dirapat nanti, buat daftarnya dan ketika anda rapat nanti anda tidak perlu bingung harus membuat apa saja. Mungkin beberapa dari anda sudah ada yang melakukan hal ini tapi masih ada beberapa yang belum melakukan hal ini. Mungkin mereka lebih membiarkan rapat berjalan secara natural. Jika anda sebagai pemimpin rapat memiliki bahan jelas untuk mengisi rapat anda maka otomatis tim anda juga akan memperhatikan anda. Langsung pada poin rapat agar tidak membuang waktu.

   2. Tunjuk Seorang Penanggung Jawab

Jika anda memiliki seseorang yang ditunjuk sebagai penanggung jawab maka rapat akan berada pada jalurnya dan tidak membuang waktu. Tunjuk seseorang yang paling semangat di tim anda dan yang memiliki banyak ide sehingga dia bisa membawa rapat menjadi lebih hidup dan efektif.

   3. Antisipasi Reaksi Keras

Pasti ada dalam tim anda seseorang yang benar-benar vocal. Dia akan memiliki reaksi yang keras, dia akan mengajukan banyak interupsi dan reaksi-reaksi lain yang bisa jadi memperpanjang waktu rapat anda dan membuatnya tidak efektif lagi. Oleh karena itu, disini anda butuh seseorang yang dapat mengantisipasi hal itu, bisa jadi anda sendiri atau penanggung jawab yang anda tunjuk tadi.

Itulah beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk membuat rapat anda seefektif mungkin, tanpa membuang waktu dan langsung pada poinnya. Mungkin dari anda ada yang memiliki cara lain ? Anda bisa isikan dikolom komentar dibawah ini.



Banyak Berbagi Banyak Rejeki

Tentang Rizal Arisona

Comments

Tips lainnyaclose