Jangan Lewatkan

Analisis Persaingan Pasar

Analisis persaingan adalah usaha mengidentifikasi ancaman, kesempatan atau permasalahan strategis yang terjadi akibat perubahan persaingan potensial serta kekuatan dan kelemahan pesaing.

Analisis berguna untuk mendasari keputusan tentang produk yang dipasarkan agar kemudian diperoleh laba yang optimal. Pasar berubah karena adanya perubahan kebutuhan pembeli, teknologi baru, kekuatan sosial-ekonomi, dan kegiatan persaingan. Perubahan-perubahan ini menciptakan peluang dan ancaman baru bagi perusahaan untuk melayani pasar.

Lantas, bagaimana cara menyusun analisis persaingan pasar bagi produk barang atau jasa anda? berikut adalah penjelasannya.

1. Identifikasi Pasar

Dalam melakukan identifikasi pesaing, anda harus memperhatikan hal-hal berikut ini:

1) Brand competitors: Perusahaan-perusahaan yang menawarkan produk/jasa yang sama bagi konsumen yang sama dengan harga yang sama.

2) Product form: Perusahaan-perusahaan lain yang membuat dan menawarkan competitors kategori produk/jenis produk/kelas produk yang sama.

3) Generic competitors: Perusahaan-perusahaan lain yang menawarkan produk/jasa untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan yang sama.

4) Desired competitors: Perusahaan-perusahaan lain yang menawarkan produk/jasa untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan yang sama.

2. Identifikasi Strategi Pesaing

Dalam melakukan identifikasi strategi pesaing ini, anda perlu memperhatikan juga beberapa hal berikut ini:

1. Semakin mirip strategi suatu perusahaan dengan produk yang sejenis, maka semakin bersaing.

2. Dalam suatu industri, pesaing-pesaing dalam industri yang bersangkutan dikelompokan dalam grup-grup. Setiap grup melakukan strategi yang berbeda dengan grup yang lain. Misalnya:

a. Citra kualitas

b. Teknologi yang dipakai

c. Pasarnya

d. Metode produksinya

3. Objek Pesaing

Melakukan analisis terhadap objek pesaing diawali asumsi bahwa setiap pesaing mempunyai objective mix dengan bobot yang berbeda. Anda harus mengetahui bagaimana pesaing memberi bobot pada:

a. Profitabilitasnya

b. Pertumbuhan market share-nya

c. Cashflow-nya

d. Leadership dalam teknologinya.

Dengan demikian anda bisa melihat apakah objek pesaing mendominasi dalam penguasaan segmen produk. Sehingga anda bisa memosisikan objek dari produk anda.

4. Penilaian Kekuatan dan Kelemahan Pesaing

Anda harus mulai mengumpulkan data-data kunci tentang kekuatan dan kelemahan pesaing bisnisSaat Pekerjaan Menjadi Permainan, Disitulah Perusahaan Menang. Read more ... » anda. Seperti:

a. Penjualan

b. Market Share

c. Profit Margin

d. Cashflow

e. Investasi Baru

Intinya, dalam hal bisnis persaingan akan membuat usaha anda semakin berkembang, dengan catatan bahwa anda mempelajari peta kekuatan para pesaing. Karena point penting dari mempelajari kekuatan dan kelemahan pesaing adalah membuat perusahaan menjadi selangkah lebih maju dan mendatangkan profit yang lebih banyak dari sebelumnya.

Incoming search terms:



Banyak Berbagi Banyak Rejeki

Tentang Rizal Arisona

Comments

Tips lainnyaclose