Jangan Lewatkan

4 Kata yang Dibenci Oleh Pelanggan

Sebagai seorang penjual, anda harus dihadapkan dengan berbagai macam watak pelangganSurvey Mengukur Tingkat Kepuasan Pelanggan. Read more ... ». Sudah tugas anda memberikan pelayanan terbaik, namun terkadang anda harus berhadapan dengan pelanggan di waktu yang kurang tepat. Sejelek apapun masalah yang anda hadapi jangan sampai anda mengatakan kalimat ini pada pelanggan.

Ada 4 kata yang dibenci oleh pelanggan, yaitu :

Bukan Tanggung Jawab Saya

Tidak peduli Anda di bidang salesPentingnya Manajemen Waktu untuk Sales. Read more ... », marketingPentingnya Pemilihan Warna untuk Marketing dan Branding. Read more ... », finance, engineering ..jika Anda katakan 4 kata tersebut kepada pelanggan Anda, maka nama baik perusahaan seketika akan buruk di mata pelanggan.

Pelanggan tidak peduli apa pun alasannya. Mereka tidak melihat Anda sebagai pribadi, mereka melihat Anda sebagai perusahaan.

Pelanggan tidak peduli tentang struktur perusahaan Anda. Pelanggan tidak peduli jabatan Anda atau dengan siapa Anda harus berurusan atau tidak berurusan

Ketika Anda mengatakan, “bukan tanggung jawab saya, itu urusannya finance”, pelanggan tetap tidak mau tahu. Karena yang dia kenal adalah Anda.

Oleh karena itu, jika seorang pelanggan datang kepada Anda membawa sebuah complain, terlepas apakah itu masuk dalam jobdesk Anda atau bukan, mulai sekarang itu menjadi tanggung jawab Anda.

Alasan utama mengapa anda tidak boleh mengatakan kalimat tersebut adalah karena Anda adalah PERUSAHAAN Anda. Anda adalah brand dari perusahaan Anda. Ketika Anda mengelak dengan mengatakan bahwa ini bukan tanggung jawab saya, tapi kesalahan divisi lain, sama saja Anda mengatakan: “maaf bu, perusahaan kami memang berantakan koordinasinya“.

Ada pemahaman yang berbeda dari bahasa yang di sampaikan. Saat seorang pelanggan melakukan complain, dia cenderung menerjemahkan dengan bahasa implisit. Karena orang complain biasanya berada pada kondisi emosi yang tidak stabil atau tidak nyaman.

Lalu bagaimana solusinya? Dari pada Anda katakan 4 kata tadi, ganti saja dengan kata : “saya akan bantu Anda“ Baiknya Anda katakan :

“ baik Bu, saya kan bantu ibu, untuk menyampaikan hal ini ke divisi engineering”

atau

“ baik Pak, saya akan bantu Bapak untuk mengurus faktur pembelian ke divisi purchasing sekarang juga. 30 menit  lagi saya akan menghubungi Bapak “

Penanganan yang baik dan bertanggung jawab akan membuat setiap pelanggan anda merasa nyaman, sebaliknya, jika anda bersikap acuh pada pelanggan maka sedikit demi sedikit anda akan kehilangan semua pelanggan anda.



Banyak Berbagi Banyak Rejeki

Tentang Rizal Arisona

Comments

Tips lainnyaclose