Jangan Lewatkan

3 Tips Untuk Memikat Lebih Banyak Pelanggan

3-Tips-Untuk-Memikat-Lebih-Banyak-Pelanggan-photo

PelangganSurvey Mengukur Tingkat Kepuasan Pelanggan. Read more ... » adalah faktor penting dalam keberhasilan suatu usaha. Karena tanpa pelanggan tidak mungkin usaha kita dapat berkembang atau bahkan tidak bisa bertahan lama. Salah satu pemilik toko kue di Amerika pernah mengatakan bahwa “Kebahagiaan pelanggan adalah yang terpenting bagi kami”. Saya sangat setuju dengan ungkapan itu, karena dengan membuat mereka bahagia maka secara tidak langsung juga membuat mereka betah di toko kita dan ingin terus kembali ke toko kita.

Disini saya akan sedikit membagi tips bagaimana membuat pelanggan senang dan ingin datang terus ke toko kita atau tetap loyal pada kita.

1. Adakan Kontes dan Undian

Siapa sih yang tidak suka dengan undian ? atau dengan kontes yang memberikan hadiah besar. Apalagi kalau hadiah yang didapatkan adalah hadiah yang dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari pelanggan.

  • Seperti starbucks yang mengadakan kontes (in which 14 entrants win a free daily item at Starbucks for the next 30 years). Satu kata untuk Starbucks. “WOW”. Siapa coba yang tidak tertarik ?
  • Atau seperti retailer Isabel Harvey dengan kontes (Daily Glitter contest) disepanjang bulan desember mereka memberikan diskon yang berbeda tiap harinya. “WOW” lagi.
3-Tips-Untuk-Memikat-Lebih-Banyak-Pelanggan-chart

Salah Satu Daily Glitter Toko Isabel Harvey

Adakan undian dan kontes sesuai dengan usaha anda, tidak harus seperti starbuck kok. Hal – hal kecil seperti “Sarapan gratis untuk 20 pelanggan pertama pagi ini” Bisa siapkan jajanan pasar dengan secangkir kopi misalnya.

2. Tampilan Fisik

Perbaiki tampilan fisik usaha anda. Entah itu bangunan ataupun kemasan produk, anda harus berikan kesan mendalam pada calon pelanggan anda hingga pada akhirnya mereka bisa jadi pelanggan anda.

  • Bangunan

Bukan berarti anda harus merombak bangunan yang sudah ada. Anda bisa lukis dinding anda atau pasang nama dan slogan usaha anda dengan ukuran besar dan artistik. Satu lagi, Musik. Kita semua suka dengan musik entah itu dangdut, pop, rock, hip hop. Bisa juga adakan acara musik di tiap akhir minggu.

  • Kemasan Produk

Yang akan di jual kepada pelanggan adalah produk. Tampilan luar harus menarik dan mencolok mata. Anda bisa tambahkan kata-kata “Eat Me” atau “Bite Me” atau kata-kata lain yang menggelitik dikemasan produk anda. Jika anda lebih fokus ke bentuk dan warna, maka bentuklah semenarik mungkin dan berilah warna yang mencolok mata. Coba deh lihat contoh kemasan dibawah ini :

3-Tips-Untuk-Memikat-Lebih-Banyak-Pelanggan-picture

Contoh Kemasan Unik Coconut Water

3-Tips-Untuk-Memikat-Lebih-Banyak-Pelanggan-thumbnail

Contoh Kemasan Unik Pizza

3. Perilaku KaryawanJangan Pernah Mempekerjakan Orang-orang Ini. Read more ... »

Seorang customer service mempunyai peran penting dalam memikat dan mempertahankan seorang customer. Pelanggan itu memiliki berbagai karakter, jadi customer service anda harus siap mental dan tahan banting dalam menghadapi berbagai macam customer.

  • Back Office

Entah itu bagian admin atau programmer atau designer di kantor anda, jika dalam bekerja mereka tidak sepenuh hati maka performa dari usaha anda akan mendapatkan nilai minus di mata customer. Kita ambil contoh kecil saja, ketika ada customer yang datang ke tempat usaha anda dan kebetulan ada staff back office anda yang sedang berpapasan dengan customer dan ekspresinya sama sekali tidak ramah, kira-kira apa yang akan dilakukan customer ? Mereka pasti akan menggerutu dalam hati. Itu salah satu contohnya.

Jadi, jika anda ingin memikat lebih banyak pelanggan, buat mereka senang ketika lewat di depan toko anda dan buat pelanggan anda senang berlama-lama di toko anda dan ingin terus kembali ke toko anda. Karena mempertahankan pelanggan yang loyal sudah pasti lebih penting daripada memikat pelanggan baru. Akan lebih baik jika anda bisa melakukan keduanya. Selamat mencoba dan salam sukses untuk anda.



Banyak Berbagi Banyak Rejeki

Tentang Rizal Arisona

Comments

Tips lainnyaclose