Jangan Lewatkan

2 Hal yang Sering Dilupakan Oleh Sales

2-Hal-yang-Sering-Dilupakan-Oleh-Sales-picture

Seringkali ketika kita menawarkan produk kita pada pelangganSurvey Mengukur Tingkat Kepuasan Pelanggan. Read more ... » yang ada dalam benak kita adalah deal, deal dan deal. Memang sebagai seorang salesPentingnya Manajemen Waktu untuk Sales. Read more ... » anda pasti menginginkan calon pelanggan anda tsb pada akhirnya akan menjadi pelanggan anda atau dalam kata lain “deal”. Namun, hal tsb akan membuat anda melakukan segala strategi anda yang bisa membuat pelanggan anda tidak nyaman.

Kita ambil contoh misalnya saya menghubungi seorang sales dari suatu perusahaan yang kebetulan contact personnya saya dapatkan dari website mereka. Saya menanyakan tentang sesuatu yang saya butuhkan untuk perusahaan saya. Yang saya ingin dengar adalah solusi dari apa yang saya butuhkan. Setelah percakapan selesai, saya memberikan contact person saya dengan harapan mereka dapat menghubungi saya untuk memberikan solusi dari apa yang saya butuhkan.

Tapi, ketika mereka menghubungi saya mereka memberikan beberapa hal dibawah ini :

  1. Menjelaskan beberapa hal yang tidak ada hubungannya dengan kebutuhan saya
  2. Mengirimkan saya kutipan-kutipan yang kurang penting
  3. Memberi saya banyak video tutorial yang tidak semuanya tidak sesuai dengan kebutuhan saya
  4. Meminta untuk janjian kapan bisa telepon lagi
  5. Mengirimkan email untuk mengingatkan saya tentang janji telepon tsb

Otomatis dalam benak saya akan merasa bahwa apa yang mereka lakukan itu tidak sesuai dengan apa yang saya butuhkan sebelumnya. Terlalu banyak informasi yang yang mereka berikan dan itu membuat saya malas dan bosan.

Yang saya minta dan yang saya butuhkan adalah solusi dari masalah saya. Jawaban dari pertanyaan saya. Bukan hal lain yang tidak berhubungan. Mungkin memang itu adalah teknik dari sales tsb untuk meningkatkan pendapatan mereka tapi apakah pernah terpikirkan bahwa hal tsb akan mempengaruhi kepuasan pelangganSurvey Mengukur Tingkat Kepuasan Pelanggan. Read more ... ».

Dua hal atau aturan yang sering dilupakan oleh sales adalah :

  1. Jangan menjawab pertanyaan yang tidak ditanyakan oleh pelanggan
  2. Jangan memberikan informasi yang tidak sesuai dengan apa yang mereka butuhkan

Mencapai sebuah kesepakatan memang penting dan memang itu goal dari seorang sales tapi kepuasan pelanggan jauh lebih penting.



Banyak Berbagi Banyak Rejeki

Tentang Rizal Arisona

Comments

Tips lainnyaclose