Jangan Lewatkan

10 Hal yang Membantu Mengubah Kebiasaan Belanja

http://www.pricearea.com/artikel/wp-content/uploads/2013/09/Tips-Belanja-di-Tokobagus.jpg

Tak sedikit orang merasa kesulitan dalam mengelola keuanganLakukan 6 Hal Ini Untuk Menghindari Kesalahan Keuangan. Read more ... », baik itu keuangan bisnisSaat Pekerjaan Menjadi Permainan, Disitulah Perusahaan Menang. Read more ... » maupun pribadinya. Biasanya hal itu terpengaruh karena kebiasaan seseorang, mengubah cara Anda dalam menyikapi uang bisa menjadi alat mengontrol keuangan ketika dalam situasi yang buruk. Hal yang terpenting adalah Anda bisa menyadari ketika keuangan sedang memburuk sehingga bisa melakukan pencegahan.

Mengutip artikel Miriam Caldwell dalam Money in Your 20s Expert, Berikut adalah 10 hal yang bisa membantu anda mengubah kebiasaan belanja anda.

1. Tulis seluruh pengeluaran Anda
Anda dapat melakukannya dengan menuliskan pada buku catatan atau aplikasi memo dalam ponsel. Dengan menulis semua pengeluaran, bisa membantu Anda lebih sadar ketika menggunakan uang. Langkah ini juga bisa membantu mengategorikan pengeluaran yang bisa dihemat.

2. Beralih pada pembayaran tunai untuk beberapa pengeluaran
Menggunakan uang tunai dalam membayar tagihan uang tunai bisa menimbulkan perbedaan dalam menggunakan uang. Cobalah beralih ke pembayaran tunai untuk beberapa pengeluaran seperti makan, ongkos, hiburan dan pakaian. Dengan cara ini Anda bisa mengetahui untuk hal apa saja uang anda digunakan.

3. Atur anggaran dan buat rencana keuangan
Jika memiliki anggaran bulanan, Anda bisa mulai merencanakan bagaimana menghabiskan uang tersebut. Ini bisa menjadi alat yang bisa membantu mengetahui kondisi keuangan.

4. Anggarkan dana darurat
Dana darurat merupakan dana yang Anda anggarkan untuk hal-hal yang tak terduga. Anda bisa mulai menyisihkan uang untuk dana darurat.

5. Berhenti membawa kartu kredit
Anda bisa mulai mengurangi penggunaan kartu kredit dengan tidak membawanya. Dengan berhenti menggunakan kartu kredit, akan membantu mengontrol keuangan Anda.

6.Pilih satu kategori dan stop setiap pengeluaran
Puasa belanja bisa membantu anda mengevaluasi prioritas Anda untuk kategori belanja. Pilih satu atau dua kategori saja dan berhenti untuk menghabiskan uang tambahan Anda.

7. Turunkan biaya seluler dan TV kabel Anda
Mungkin Anda bisa mulai menurunkan biaya penggunaan telepon seluler dan pertimbangkan seberapa banyak keperluan anda menggunakan TV kabel. Kombinasikan channel yang sering anda tonton sehingga bisa memilih paket TV kabel yang lebih murah.

8. Asuransi mobil baru
Salah satu cara termudah menabung adalah dengan mencari asuransi mobil baru. Asuransi akan menyesuaikan besaran setiap tahun dan kenaikan harga, bahkan jika Anda tidak memiliki kecelakaan.

9. Cicil utang Anda
Meskipun anda tidak bisa keluar dari utang dalam waktu dekat, paling tidak anda bisa mencicil mulai dari sekarang.

10. Mulailah menabung dari sekarang
Setelah melunasi utang, Anda bisa memulai untuk menyimpan uang dalam tabungan. Kebiasaan menabung akan membuat kontrol terhadap keuangan lebih besar.

Artikel ini diadaptasi dari http://www.ciputraentrepreneurship.com/manajemen/langkah-mudah-atur-keuangan



Banyak Berbagi Banyak Rejeki

Tentang Rizal Arisona

Comments

Tips lainnyaclose